VULCANO PARK CANGKRINGAN, MUSEUM MERAPI YANG BERDIRI DARI HILANGYA SATU DUSUN DI LERENG MERAPI JOGJA

@dhian_hardjodisastro
Masih ingat dengan kedahsyatan erupsi merapi tahun 2010? Buat anda yang tinggal jauh dari merapi mungkin hanya sekedar mengingat akan adanya bencana super dahsyat itu. Tentu akan menjadi lain saat kita bertanya kepada masyarakat yang benar-benar berhadapan langsung dengan kejadian pada waktu itu. Rumah yang dibangun dengan jerih payah, seketika hilang tersapu lahar panas merapi.

Satu desa di dusun Bakalan, Argomulyo,Cangkringan, merupakan salah satu korban kedahsyatan lahar panas merapi. Hampir 90% rumah penduduk rata dengan material merapi, masih tersisa beberapa itupun juga sudah rusak parah dan tidak bisa ditempati. Dusun Bangkalan dengan puncak merapi berjarak kurang lebih 12 km, cukup jauh.

@vedishiiya
Namun jarak antara dusun bakalan dengan aliran sungai gendol yang di lalui lahar panas merapi sungguh sangat dekat, sehingga aliran lahan panas yang mengalir melalui sungai gendol tertahan di Sabo bronggang atau bendungan bringgang dan meluap sampai dusun bangkalan yang berada tepat di belakan sabo bronggang.

11 tahun sudah berlalu, lokasi ini sudah dibeli oleh pemerintah dan akan dijadikan museum yang pengerjaannya sudah dimulai bulan September tahun 2020 kemarin. Berada di lahan seluas kurang lebih 2 hektar, nantinya dusun Bakalan akan dijadikan sebagai tempat wisata edukasi kegunung apian yang ada di jogja. Selain itu Vulcano park juga dijadikan sebagai tetenger atau pengingat akan kejadian erupsi tahun 2020.

Saat ini Vulcano Park Bakalan, sudah masuk dalam paket wisata jeep merapi yang mana anda bisa mengunjungi volcano park cukup dengan menggunakan jeep, duduk manis tahu-tahu sampai, tentunya jika anda menggunakan jasa wisata jeep merapi anda akan diajak ke objek wisata yang masuk dalam paket wisata merapi

@erlinaft_
Terdapat banyak spot foto yang bisa anda coba di area Vulcano park. Selain koleksi yang ada di area museum volcano park, anda juga bisa melihat sebuh batu raksasa yang berada di tengah jalan, sehingga menutupi sebagian jalan utama, yang diberi nama MONUMEN WATU TEMANTEN, serta bisa berswafoto di area SABO BRONGGANG.


Tiket masuk volcano park :

Rp. Gratis

Rute menuju objek wisata vulcano park :

Jln.Cangkringan, utara kantor kecamatan cangkringan ada pertigaan, ambil kanan untuk yang dari arah jogja, lurus saja, nanti lokasi volcano park ada di kiri jalan.

Untuk lebih jelas bisa menggunakan google maps, "Vulcano Park "


Selain berwisata di vulcano park, anda juga bisa mengunjungi objek wisata  yang ada di sekitar vulcano park, seperti Teras merapi, Bukit Klangon, Girpasang, Jeep merapi, Stonghenge, The Lost World Castle, Batu alien, Bunker merapi, Blue lagoon, Sabo Bronggang, Monumen Watu Temanten dll.

 



 

Kontak

Dusun Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul,Yogyakarta, 55571

Admin : 085729988609
Marketing : 082138833397 ( Mr. silung )

Total Tayangan Halaman

GOOGLE MAPS

paket wisata jogja (21) biro wisata jogja (12) dopiknik tour & transport jogja (12) villa jogja (11) penginapan jogja (10) rental mobil murah jogja (10) paket wisata jogja murah (9) homestay jogja (8) hotel jogja (8) paketliburan jogja murah (8) #jogja #wisatajogja #paketwisatajogja #paketliburanjogja #wisatahitsjogja (7) dopiknik jogja (7) jasa wisata jogja (7) wisata instagramable jogja (7) wisata jogja (7) #penginapanjogja #villajogja #homestayjogja #villakaliurang #penginapankaliurang #hoteljogja #hotelkaliurang (6) villa kaliurang (6) #penginapankaliurang #hoteljogja #hotelkaliurang (5) wisata hits jogja (5) #jogja #wisatajogja #paketwisatajogja (4) CANDI PRAMBANAN (4) paket liburan jogja (4) sewa mobil jogja (4) wisata baru jogja (4) dopiknik (3) jeep merapi (3) wisata jogja murah (3) wisata merapi (3) bakpia jogja (2) candi jogja (2) dopiknik tour jogja (2) pantai gesing (2) pantai jogja (2) pantai nguluran (2) wisata bantul (2) wisata kaliurang (2) wisata kuliner jogja (2) wisata kulon progo (2) Obelix hills (1) bukit paralayang (1) candi ijo (1) candi plaosan (1) candi ratu boko (1) candi sambisari (1) dopiknik tour (1) girpasang (1) goa pindul jogja (1) gua pindul jogja (1) gunung kidul (1) ice crime jogja (1) iconic jogja (1) jeep shiva plateu (1) jogja (1) kali kuning (1) kalinampu (1) kaliurang (1) klaten (1) lava bantal (1) lava tour jeep merapi (1) liburan murah jogja (1) malioboro (1) merapi jeep (1) museum merapi (1) museum ullen sentalu (1) paket wisata malioboro (1) pantai drini jogja (1) pantai gunung kidul (1) pantai torohudan (1) pantai untuk camping (1) parangtritis (1) patai ngrenenhan (1) pemandu wisata jogja (1) penginapan dekat malioboro (1) pluyon (1) puncak sosok (1) sewa mobil dekat malioboro (1) spot melihat sunset (1) stonehenge (1) stonehenge jogja (1) sunsetjogja (1) tebing breksi (1) tempo gelato jogja (1) teras kaca (1) tips liburan murah (1) trik liburan hemat (1) villa murah jogja (1) villa private pool jogja (1) villa rombongan (1) vulcano park (1) wisata alam jogja (1) wisata edukasi jogja (1) wisata extream jogja (1) wisata gondola (1) wisata gunung kidul (1) wisata klaten (1) wisata malioboro (1) wisata pule payung (1) wisata terbaru jogja (1) wista merapi (1)

TENTANG KAMI

DOPIKNIK TOUR AND TRAVEL hadir sebagai bagian daripada kebutuhan masyarakat dan relasi, baik dari dalam dan diluar jogja untuk bisa menghadirkan pelayanan wisata yang benar-benar prima. Buka sekedar mengunjungi tempat wisata yang ada di jogja, tapi lebih daripada itu bisa menjalin sebuah hubungan kerjasama, sehingga sejak berdiri tahun 2017 kami mengusung semangat "partner liburan asik" dimana hubungan yang kita jalin antar client adalah liburan bareng layaknya sebuah pertemanan. Untuk meningkatkan kepercayaan publik akan usaha yang kita jalankan, saat ini kami sudah memiliki badan usaha dengan nama CV. DOPINDO JAYA