GUA PINDUL JOGJA WISATA MINAT KHUSUS DI GUNUNG KIDUL

 

paket wisata jogja,gua pindul, gunung kidul
ww.dopiknik.com
Gua Pindul berasal dari kata “pipi kebendul” dalam bahasa jawa, yang memiliki arti pipi kejedot di dinding gua, memar dan ada bejolan. Ini adalah salah satu objek wisata ter-favorit di jogja. Hampir setiap akhir pekan objek wisata gua pindul selalu penuh sesak oleh wisatawan dalam dan luar kota. Objek wisata gua pindul termasuk kategori objek wisata minat khusus, karena tidak semua orang berani menyusuri sungai didalam gua dengan keadaan gelap gulita. Sebagai salah satu objek wisata minat khusus yang ada di jogja, tentunya semua operator gua pindul wajib menjaga keselamatan wisatawan yang hendak menikmati keindahan alam gua pindul.

Gua pindul  mulai dikembangkan pada tahun 2010, pada awalanya hanya ada satu operator yang melayani kegiatan caving tubing gua pindul, hingga saat ini sudah banyak operator yang turut andil dalam mempromosikan keindahan gua pindul termasuk dopiknik tour & transport sebagai destinasi wisata pilihan jogja dan sebagai salah satu mata pencaharian utama masyarakat di dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kab. GunungKidul.
paket wisata jogja murah, dopiknik tour & transport
www.dopinik.com
Cara menikmati keindah gua pindul adalah dengan menggunakan ban dalam truck (tube) dan jaket pelampung. Sehingga lebih familiar dengan sebutan cave tubing gua pindul. Ban dalam ini digunakan untuk penyangga utama beban. Ban dalam ini sudah diberi pengait khusus sehingga mampu menyangga wisatawan dengan aman. Setiap wisatawan bisa rebahan diatas ban dengan aman dan nyaman. Sedangkan untuk jaket pelampung merupakan standarisasi kemanan yang harus digunakan sebagai pengamanan utama wisata air.


paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
www.dopiknik.com
Saat anda sudah mendapatkan ban dan jaket pelampung, anda akan dipandu oleh operator yang anda pilih. Setiap operator memiliki standarisasi pelayanan yang berbeda dan jarak dari basecamp dengan mulut gua pun berbeda. Konsultasikan wisata anda di gua pindul dengan team dopiknik tour & transport jogja agar mendapatkan pelayanan yang prima.
paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
mulut gua pindul
Anda akan di jelaskan dari peraturan sampai seluk beluk gua pindul. Saat anda menuruni anak tangga menuju mulut gua pindul ada baiknya mengucapkan “kulo nuwun” atau ucapan salam sebagai bentuk penghormatan.


paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
www.dopiknik.com
Memasuki sungai anda akan disusun berantai dan saling terkait antara satu ban dengan ban yang lain jadi jangan khawatir terlepas apalagi tersesat. Pemandu akan menarik masuk kedalam gua dengan perlahan sambil menjelaskan detail gua pindul.
Goa Pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter, dengan lama penyusuran antara 40-60 menit, tergantung dari situasi dan keinginan pengunjung. Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter dan kedalaman air sungai sekitar 1-12 meter. Didalam gua pindul ada zona yang kondisinya sangat sempit dan hanya bisa dilalui satu ban, ini yang menjadikan durasi waktu penyusuran sangat tentative. Ada banyak ekosistem yang ada didalam gua pindul diantaranya ikan, kelelawar, burung sriti, dll.
paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
kelelawar gua pindul
Secara garis besar gua pindul dibagi menjadi tiga zona, terang,remang dan gelap abadi. Saat anda mulai merangsak kedalam anda dapat menyaksikan gugusan stalagtit dan stalagmit yang sangat menawan. Ada yang masih aktif ada pula yang sudah tidak aktif. Di zona remang anda akan di ceritakan mengenai stalagmite perkasa dan stalagmite mutiara. Sudah barang tentu kedua stalagmite tersebut memiliki cerita yang unik. 
paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
soko guru gua pindul
Memasuki zona gelap abdi anda akan dihadang oleh sebuah stalagmite yang diberinama soko guru, disinilah lokasi yang paling sempit di gua pindul. Menurut informasi yang masuk ke redaksi dopiknik tour & transport jogjastalagmite ini merupakan terbesar ke-4 di dunia dan masih bisa bertambah besar lagi karena ujung stalagmite belum mencapai dasar sungai. Setelah melewati soko guru anda akan dipertontonkan sebuah batu yang berkelipan yakni batu tirai. Sampai disini anda akan melihat seberkas cahaya yang seolah adalah akhir dari penyusuran gua pindul.
paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
gua vertikal gua pindul
Cahaya tersebut memancar dari atas menembus kedalam gua dan bertranformasi membetuk cahaya yang indah menempel didinding gua karena dipantulkan oleh aliran sungai. Ini merupakan spot utama di gua pindul yang diberi julukan “The Hidden Paradise Of Jogja  dan dari gua vertikal inilah asal muasal cerita gua pindul. Pemandu akan menawarkan kepada pengunjung gua pindul bilamana ingin berenang di bawah gua vertikal sambil berfoto bersama.


paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
gua vertikal gua pindul
Untuk mendapatkan cahaya yang maksimal sebaiknya anda berkunjung antara jam 10.00-13.00 siang, karena cahaya matahari berada tepat diatas gua vertikal.
Jika sudah melewati zona ini tandanya penyusuran akan segera berakhir karena diujung depan sudah menanti pintu keluar, masyarakat sekitar memberi nama pintu keluar dengan sebutan banyu moto atau mata air.
paket wisata jogja murah dopiknik tour & transport jogja
www.dopiknik.com



 

Kontak

Dusun Ngrame, Tamantirto, Kasihan, Bantul,Yogyakarta, 55571

Admin : 085729988609
Marketing : 082138833397 ( Mr. silung )

Total Tayangan Halaman

GOOGLE MAPS

paket wisata jogja (21) biro wisata jogja (12) dopiknik tour & transport jogja (12) villa jogja (11) penginapan jogja (10) rental mobil murah jogja (10) paket wisata jogja murah (9) homestay jogja (8) hotel jogja (8) paketliburan jogja murah (8) #jogja #wisatajogja #paketwisatajogja #paketliburanjogja #wisatahitsjogja (7) dopiknik jogja (7) jasa wisata jogja (7) wisata instagramable jogja (7) wisata jogja (7) #penginapanjogja #villajogja #homestayjogja #villakaliurang #penginapankaliurang #hoteljogja #hotelkaliurang (6) villa kaliurang (6) #penginapankaliurang #hoteljogja #hotelkaliurang (5) wisata hits jogja (5) #jogja #wisatajogja #paketwisatajogja (4) CANDI PRAMBANAN (4) paket liburan jogja (4) sewa mobil jogja (4) wisata baru jogja (4) dopiknik (3) jeep merapi (3) wisata jogja murah (3) wisata merapi (3) bakpia jogja (2) candi jogja (2) dopiknik tour jogja (2) pantai gesing (2) pantai jogja (2) pantai nguluran (2) wisata bantul (2) wisata kaliurang (2) wisata kuliner jogja (2) wisata kulon progo (2) Obelix hills (1) bukit paralayang (1) candi ijo (1) candi plaosan (1) candi ratu boko (1) candi sambisari (1) dopiknik tour (1) girpasang (1) goa pindul jogja (1) gua pindul jogja (1) gunung kidul (1) ice crime jogja (1) iconic jogja (1) jeep shiva plateu (1) jogja (1) kali kuning (1) kalinampu (1) kaliurang (1) klaten (1) lava bantal (1) lava tour jeep merapi (1) liburan murah jogja (1) malioboro (1) merapi jeep (1) museum merapi (1) museum ullen sentalu (1) paket wisata malioboro (1) pantai drini jogja (1) pantai gunung kidul (1) pantai torohudan (1) pantai untuk camping (1) parangtritis (1) patai ngrenenhan (1) pemandu wisata jogja (1) penginapan dekat malioboro (1) pluyon (1) puncak sosok (1) sewa mobil dekat malioboro (1) spot melihat sunset (1) stonehenge (1) stonehenge jogja (1) sunsetjogja (1) tebing breksi (1) tempo gelato jogja (1) teras kaca (1) tips liburan murah (1) trik liburan hemat (1) villa murah jogja (1) villa private pool jogja (1) villa rombongan (1) vulcano park (1) wisata alam jogja (1) wisata edukasi jogja (1) wisata extream jogja (1) wisata gondola (1) wisata gunung kidul (1) wisata klaten (1) wisata malioboro (1) wisata pule payung (1) wisata terbaru jogja (1) wista merapi (1)

TENTANG KAMI

DOPIKNIK TOUR AND TRAVEL hadir sebagai bagian daripada kebutuhan masyarakat dan relasi, baik dari dalam dan diluar jogja untuk bisa menghadirkan pelayanan wisata yang benar-benar prima. Buka sekedar mengunjungi tempat wisata yang ada di jogja, tapi lebih daripada itu bisa menjalin sebuah hubungan kerjasama, sehingga sejak berdiri tahun 2017 kami mengusung semangat "partner liburan asik" dimana hubungan yang kita jalin antar client adalah liburan bareng layaknya sebuah pertemanan. Untuk meningkatkan kepercayaan publik akan usaha yang kita jalankan, saat ini kami sudah memiliki badan usaha dengan nama CV. DOPINDO JAYA